Mujahidin Nigeria berhasil menguasai kota Bama di Borno

Written By Unknown on Rabu, 03 September 2014 | 17.11

BAMA (Arrahmah.com) – Mujahidin Nigeria yang dijuluki dengan nama "Boko Haram" dilaporkan telah berhasil merebut kota kunci di timur laut Nigeria, kota Bama, setelah pertempuran sengit dengan pasukan teroris Nigeria, ujar warga setempat.

Ribuan warga sipil melarikan diri dari wilayah pertempuran bersama dengan para tentara Nigeria, mereka menambahkan, seperti dilansir BBC pada Rabu (3/9/2014).

Militer teroris Nigeria belum mengeluarkan komentar resmi mengenai hilangnya kontrol kekuasaan mereka dari kota Bama, kota terbesar kedua di negara bagian Borno.

Bulan lalu, Mujahidin Nigeria telah menyatakan berdirinya sebuah negara Islam di wilayah yang mereka kendalikan di timur laut Nigeria.

Jatuhnya Bama ke tangan Mujahidin menjadi perkembangan yang sangat signifikan dan akan meningkatkan ketakutan juga kekhawatiran bagi tentara Nigeria. Berikutnya kemungkinan target dari Mujahidin Nigeria adalah Maiduguri, ibukota negara bagian Borno yang terletak sekitar 70 km, ujar laporan BBC.

Ini akan menjadi kota terbesar yang berada di bawah kendali Mujahidin Nigeria.

Warga setempat mengatakan kepada BBC bahwa Mujahidin menguasai Bama setelah pertempuran sengit pada Ahad (31/8) dan Senin (1/9).

Militer awalnya menangkis serangan Mujahidin, namun kelompok tersebut kembali dengan bala bantuan untuk merebut kota.

Mujahidin yang melakukan perjalanan menggunakan truk lapis baja, pertama kali mengambil alih barak militer, lanjut kesaksian warga setempat.

Tentara dan warga melarikan diri dengan berjalan kaki, banyak dari mereka berjalan sampai ke Maiduguri.

Reuters melaporkan bahwa korban berjatuhan dari kedua belah pihak. Mereka mengklaim sekitar 70 anggota Boko Haram gugur dalam pertempuran, namun tidak menyebutkan jumlah korban dari kalangan tentara teroris Nigeria.

Pada Senin (1/9), militer Nigeria di akun Twitter-nya mengatakan bahwa angkatan udara diturunkan untuk mengusir Mujahidin Boko Haram dari Bama, namun sejauh ini mereka belum berhasil merebut kembali kendali Bama dari tangan Mujahidin.

Sensus terakhir di tahun 2006 menunjukkan bahwa kota Bama memiliki populasi sekitar 270.000 jiwa. (haninmazaya/arrahmah.com)


Anda sedang membaca artikel tentang

Mujahidin Nigeria berhasil menguasai kota Bama di Borno

Dengan url

http://islamharmonis.blogspot.com/2014/09/mujahidin-nigeria-berhasil-menguasai.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mujahidin Nigeria berhasil menguasai kota Bama di Borno

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mujahidin Nigeria berhasil menguasai kota Bama di Borno

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger